5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah dan Kulit

Manfaat Minyak Kelapa|Minyak kelapa menjadi semakin populer baik di dalam maupun di luar dapur. Buah tropis ini memiliki manfaat luar biasa yang bersifat terapeutik dan telah sejak lama dinikmati oleh orang-orang yang hidup di Pasifik Selatan.
Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bisa digunakan sebagai minyak goreng yang lezat, minyak kelapa juga dapat menyuplai makanan dan melembabkan kulit. 


manfaat minyak kepala_manfaat minyak kelapa bagi kecantikan


Banyak peneliti yang akhirnya menemukan rahasia yang, sebenarnya, sudah diketahui sejak berabad-abad yang lalu, yaitu bahwa minyak kelapa benar-benar baik untuk kesehatan, baik di dalam maupun di luar. Salah satunya adalah untuk menyehatkan dan mempercantik wajah dan kulit Anda.
Berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan wajah dan kulit Anda:

Melembabkan Kulit
Kenyataan bahwa minyak kelapa merupakan salah satu pelembab alami terbaik tidak bisa kita pungkiri. Minyak kelapa dapat menjadi padat pada suhu kamar, jika suhu ruangan di rumah Anda kebetulan berada di bawah 23⁰C, tetapi biasanya tetap cair di daerah-daerah tropis. Jika kondisi padat, minyak kelapa memiliki tekstur yang mirip dengan petroleum jelly, tapi tidak lengket atau berminyak pada kulit.
Minyak kelapa akan segera meleleh pada kulit segera setelah Anda menerapkannya, tanpa meninggalkan sisa sedikitpun. Sebab, minyak kelapa dapat dengan mudah merembes ke dalam pori-pori kulit, kemudian melembabkan secara mendalam dan menyeluruh.

Cara Menggunakan: 
Jika anda memiliki kulit kering, oleskan minyak kelapa ke wajah Anda setelah dicuci bersih dan dikeringkan dengan handuk. Anda hanya butuh sedikit karena minyak dapat menyebar dengan baik. Tuangkan ¼ sdt minyak kelapa di telapak tangan kemudian gosok dengan tangan yang lain. Oleskan pada wajah dengan kedua telapak tangan, memijat lembut itu. Tunggu selama 5-10 menit agar minyak meresap ke dalam kulit kemudian bersihkan dengan handuk katun yang lembut. 

Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, oleskan minyak kelapa hangat pada wajah dan leher setelah dicuci bersih dengan sabun. Biarkan selama 15 menit. Cuci dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Ulangi cara ini selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Pada mulanya, jerawat mungkin akan muncul tapi Anda bisa mengabaikannya, kecuali jika itu terlalu parah. Sebab, cara ini mengurangi sekresi sebum yang menyebabkan kulit Anda berminyak.

Pembersih Makeup Alami
Apakah anda pernah kerepotan untuk membersihkan make up? Tidak peduli apa jenis make up yang Anda gunakan, Anda tetap harus membersihkannya sebelum tidur. Sebab, make up yang tidak dibersihkan hanya akan membuat kulit Anda susah bernapas. Namun, proses membersihkan make up bisa menimbulkan trauma pada kulit wajah yang lembut, terutama pada area sensitif di sekitar mata. Nah, minyak kelapa inilah yang akan membantu Anda tersebut.

Cara menggunakannya: 
Untuk menghindari terlalu banyak menggosok dan menarik kulit ketika memberishkan make up, oleskan minyak kelapa ke seluruh wajah dengan bola kapas. Biarkan selama 5 menit dan bersihkan dengan air hangat dan kemudian cuci dengan sabun. Seharusnya, cara ini akan membersihkan sebagian besar makeup dari wajah Anda. Jika tidak, Anda harus kembali menerapkan minyak untuk melakukan pembersihan menyeluruh.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari
Minyak kelapa menawarkan beberapa perlindungan terhadap radiasi matahari. Dengan SPF 4, minyak kelapa mungkin tidak membuat Anda aman seharian penuh di pantai, tetapi jika Anda menerapkannya pada kulit Anda sebelum keluar dari rumah, Anda dapat menghindari efek dari radiasi matahari selama periode singkat di bawah sinar matahari. Selain itu, jika Anda sudah terlanjur berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan, menerapkan minyak kelapa sesegera mungkin sesudahnya akan dapat mengurangi kerusakan pada kulit Anda.

Mengurangi Kerutan pada Wajah

manfaat minyak kelapa
Bahkan, kerutan halus sekalipun dapat merusak tampilan awet muda dari kulit wajah Anda. Tapi jangan khawatir. Sebab, Minyak kelapa dapat menjaga kehalusan wajah Anda dengan menjaganya agar tetap bebas kerutan.

Kolagen, protein struktural di lapisan dalam kulit, merupakan senyawa yang membuat kulit Anda elastis dan halus. Senyawa ini bisa saja mengalami kerusakan karena efek sinar UV, polusi, paparan asap rokok, dan cedera fisik. Penggantian kolagen diperlukan untuk melawan efek dari kerusakan tersebut.
Kabar baiknya, para peneliti telah menemukan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menembus jauh ke dalam kulit. Trigliserida dalam minyak yang menarik molekul protein dapat melakukan perbaikan tepat waktu dari lapisan kolagen. 

Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini pada kulit adalah hasil dari oksidasi stress akibat sinar UV matahari, polusi lingkungan, dan luka pada kulit akibat penanganan yang kasar dan penggunaan bahan kimia. Namun, minyak kelapa dapat mencegah penuaan dini dengan beberapa cara. 

Ketika dioleskan pada kulit, rasanya lembut dan berfungsi sebagai pelembab dan mengelupas sel mati pada kulit tanpa merusaknya. Ketika diterapkan dalam lapisan tipis, minyak kelapa dapat berfungsu sebagai penghalang fisik terhadap debu dan polutan lingkungan serta menjaga kelembaban kulit. Antioksidan yang dikandungnya dapat mengurangi kerusakan oksidatif. Hal ini tentu saja akan membuat kulit menjadi halus dan kenyal dengan merangsang pembentukan kolagen.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa yang dapat diuraikan dalam artikel 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah dan Kulit ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya.

0 Response to "5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah dan Kulit"

Post a Comment