7 Obat Ruam Merah pada Kulit yang Alami, Murah dan Aman

Obat  Ruam Merah pada Kulit|Ruam kulit yang ditandai dengan warna merah dan kulit gatal, sering disertai dengan benjolan kecil atau perubahan warna, penampilan, atau tekstur kulit. Hal ini dapat terjadi pada setiap bagian tubuh atau bahkan terjadi secara luas di sebagian besar kulit.

ruam merah pada kulit_obat ruam pada kulit


Meskipun kelihatan sepele, masalah kesehatan ini pasti sangat menjengkelkan. Biasanya, ruam merah pada kulit sering disebabkan oleh masalah-masalah seperti eksim, psoriasis, alergi, gigitan serangga, tungau, jerawat, atau keringat berlebihan. Sabun, deterjen, shampoo, atau kosmetik yang tidak cocok dengan kulit Anda juga dapat menyebabkan ruam. Selain itu, ruam pada kulit mungkin juga merupakan gejala tertentu dari paparan jamur, bakteri, atau infeksi virus. 
Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab di sini, Anda akan menemukan obatnya.

1. Minyak Zaitun

Ekstrak alami minyak zaitun memiliki manfaat sebagai pelembab kulit, membantu penyembuhan dan meningkatkan peremajaan kulit karena kaya akan vitamin E dan antioksidan. Minyak ini juga akan membantu menenangkan kulit dan mengurangi gatal.
Untuk menggunakannya, cukup oleskan minyak zaitun atau campuran minyak zaitun dan madu dengan takaran yang sama pada ruam di kulit Anda beberapa kali sehari sampai sembuh benar. Atau, Anda dapat mencampurkan sedikit bubuk kunyit dengan minyak zaitun kemudian oleskan dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari. Senyawa antibakteri dan antiinflamasi pada kunyit akan mengatasi ruam dan mengurangi gatal.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah dan Kulit

2. Baking Soda
Baking soda dapat membantu mengeringkan ruam merah pada kulit. Selain itu, baking soda juga bermanfaat untuk mengurangi gatal dan peradangan yang terjadi karena ruam.
Untuk menggunakannya, tambahkan satu bagian baking soda dengan tiga bagian air. Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terkena ruam. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Lakukan cara ini sekali sehari selama beberapa hari.
Anda juga dapat mencampur baking soda dengan minyak kelapa untuk membuat pasta dan menerapkannya pada ruam. Biarkan sekitar lima menit dan kemudian bilas. Ulangi cara ini satu atau dua kali sehari sampai sembuh.

Catatan: Jangan biarkan baking soda menempel pada kulit Anda terlalu lama karena dapat menyebabkan iritasi lebih parah.

3. Oatmeal

Obat  Ruam Merah pada Kulit_gambar oatmeal

Oatmeal sangat bagus untuk mengurangi iritasi pada kulit dan peradangan karena sifatnya yang menenangkan dan anti-inflamasi. Cara ini sangat baik untuk ruam yang disebabkan oleh poison ivy, eksim, kulit terbakar, cacar air, dan alergi.
Untuk menggunakannya, haluskan oatmeal dalam blender, food processor, atau penggiling kopi. Kemudian campurkan satu cangkir oatmeal yang sudah halus tersebut ke dalam air hangat. Rendam bagian kulit yang terkena ruam di dalamnya selama setidaknya 15-20 menit. Lakukan setiap hari sampai ruam hilang.
Atau, campurkan 1 ½ cangkir oatmeal, 1 ¼ cangkir susu bubuk dan dua sendok teh madu. Masukan campuran ini ke dalam kain, ikat menggunakan pita atau karet gelang kemudian masukkan ke dalam bak mandi yang sudah diisi dengan air hangat. Berendamlah di dalamnya selama minimal 15 menit. Ulangi setiap hari selama beberapa hari.
Untuk ruam pada kulit wajah, oleskan pasta tebal yang terbuat dari campuran oatmeal dan yogurt serta sedikit madu. Biarkan selama sekitar setengah jam, kemudian cuci wajah dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari sampai Anda melihat hasilnya.

Baca juga:10 Obat Keputihan Tradisional Ampuh dan Aman

4. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel organik termasuk salah satu obat rumahan yang sangat baik untuk mengobati ruam dan mengatasi gatal-gatal pada kulit. Selain itu, kandungan asam asetat pada cuka apel dapat membantu melawan infeksi kulit yang seringkali menjadi faktor penyebab ruam pada kulit. 
Untuk menggunakannya, celupkan bola kapas ke dalam cuka apel kemudian tempelkan ke bagian kulit yang terkena ruam. Biarkan selama beberapa menit, dan kemudian gosokkan bola kapas tersebut. Lakukan cara ini beberapa kali sehari selama beberapa hari atau sampai ruam sembuh.
Catatan: Jika cuka apel menyebabkan iritasi, cobalah mencampurnya dengan air sebelum menggunakannya. Jika iritasi berlanjut, jangan diteruskan.

5. Teh Chamomile
Teh Chamomile adalah obat yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan ruam. Teh ini dapat membantu menenangkan kulit, mengurangi gatal-gatal, mengurangi peradangan serta mempercepat proses penyembuhan karena sifat antiiritasi dan antiinflamasi yang dimilikinya. Selain itu, teh Chamomile juga bersifat antibakteri, antijamur dan antivirus.
Untuk menggunakanya, rendam kain bersih dalam teh chamomile dan temelkan pada bagian kulit yang terkena ruam (sebagai kompres). Biarkan selama 10-15 menit. Lakukan cara ini setidaknya dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari.

6. Ketumbar
Bumbu dapur lain yang juga memiliki khasiat untuk mengobati ruam merah pada kulit adalah ketumbar. Hal ini terjadi karena sifat antiiritasi, menenangkan, antiinflamasi dan antiseptic yang dimilikinya. Aromanya yang khas juga menenangkan dan akan membuat Anda merasa lebih santai.
Untuk menggunakannya, oleskan pasta dari bubuk daun ketumbar pada kulit yang terkena ruam. Biarkan selama setidaknya setengah jam kemudian cuci hingga bersih. Lakukan cara ini satu atau dua kali sehari selama beberapa hari. 
Catatan: Ketika menghaluskan daun ketumbar, Anda tidak perlu menambahkan air.
Selain cara di atas, Anda juga bisa merebus satu sendok teh biji ketumbar dalam secangkir air. Kemudian minum air rebusannya sekali sehari selama beberapa hari sampai ruam benar-benar sembuh.

7. Lidah Buaya

gambar lidah buaya_obat ruam merah pada kulit

Karena sifatnya yang anti-inflamasi, sifat antibakteri, dan antijamur, lidah buaya ini sangat baik untuk mengobati sejumlah penyakit kulit termasuk ruam. Selain menyembuhkan ruam, lidah buaya juga dapat membantu menenangkan kulit serta mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada kulit.
Untuk menggunakannya, ambil ekstrak dari daun lidah buaya segar. Oleskan pada kulit yang terkena ruam. Biarkan selama 20 menit, dan kemudian bilas.  Lakukan cara ini setidaknya tiga kali sehari sampai ruam sembuh.

Itulah beberapa obat alami untuk mengatasi ruam merah pada kulit yang dibahas dalam Artikel 7 Obat  Ruam Merah pada Kulit yang Alami, Murah dan Aman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!

0 Response to "7 Obat Ruam Merah pada Kulit yang Alami, Murah dan Aman"

Post a Comment