8 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut


Manfaat Madu untuk Kecantikan Rambut dan Kulit | Kita sering menggunakan madu sebagai pemanis alami untuk teh, kue, dan lain-lain. Mengonsumsi madu memang bermanfaat bagi kesehatan kita karena dapat meningkatkan energi, mengatur kadar gula darah, mengatasi insomnia, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kinerja organ pencernaan.
manfaat madu_manfaat madu untuk kecantikan

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, madu juga sangat bagus untuk kecantikan. Bahan alami ini bersifat antiseptik, antibakteri, antioksidan, anti-inflamasi dan sifat humektan, sehingga madu dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut Anda.
Berikut ini adalah 10 manfaat menakjubkan dari madu untuk kecantikan rambut dan kulit.

1. Memudarkan Bekas Luka


manfaat madu_manfaat madu untuk kecantikan

Sekecil apapun, bekas luka tetap tidak sedap dilihat. Jika Anda memiliki bekas luka pada bagian tubuh yang terlihat, Anda pasti akan mencari cara untuk menyingkirkannya secepat mungkin. Nah, jika Anda memiliki bekas luka yang sulit untuk dihilangkan, cobalah untuk menggunakan madu. Sebab, madu dapat mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi jaringan serta membantu menghidupkan kembali sel-sel kulit. Semua faktor ini bekerja sama untuk memudarkan bekas luka.
Cara menggunakannya, campurkan madu dengan minyak zaitun. Oleskan pada bekas luka sambil dipijat pelan dengan gerakan melingkar selama 1-2 menit. Kemudian tempelkan lap hangat di bagian tersebut dan tunggu sampai dingin. Bersihkan bekas luka dengan bola kapas. Ulangi dua kali sehari.

2. Mengatasi Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi sel-sel kulit. Gangguan kesehatan ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit, lecet, gatal-gatal, dan bahkan lesi. Selain bisa mengobati penyakit ini, madu juga dapat menenangkan kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit yang rusak akibat infeksi. Madu juga akan membantu mengatasi kulit kering, tebal, dan mengelupas.
Untuk merasakan manfaatnya, masukan 1 sendok teh madu, minyak zaitun, dan lilin lebah ke dalam mangkuk microwave. Hangatkan sampai lilin meleleh. Aduk campuran tersebut dan biarkan hingga dingin. Oleskan pada daerah yang terkena psoriasis sebagai lotion beberapa kali sehari.

3. Menyembuhkan Luka Kecil
Madu juga dapat digunakan untuk mengobati luka kecil karena efektif sebagai pembunuh kuman. Madu juga dapat membantu menarik cairan dari luka untuk mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, madu juga dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan mengurangi risiko infeksi.
Untuk mengobati luka kecil, oleskan madu pada area yang terluka. Gunakan perban selama beberapa jam. Kemudian, buka perban dan bersihkan luka dengan kain lembab. Ulangi lagi sesuai kebutuhan.

4. Mengatasi Jerawat


manfaat madu_manfaat madu untuk kecantikan

Jerawat muncul karena sekresi minyak yang berlebihan dan debu bercampur dengan minyak di pori-pori kulit yang menjadi tempat berkembangnya bakteri. Madu adalah antibiotik alami dan anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi gejala jerawat dan mencegah infeksi. Madu juga dapat melembabkan kulit Anda dan membuatnya bercahaya, karena nutrisi yang ada di dalamnya.
Untuk memanfaatkannya, oleskan madu pada jerawat dan kulit di sekitarnya. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat-hangat kuku. Ulangi 2-3 kali sehari.

5. Menunda Proses Penuaan Kulit
Madu adalah sumber yang baik dari antioksidan dan dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas yang mempercepat proses penuaan dan dapat memberikan kontribusi untuk keriput, garis-garis halus, dan bahkan kulit kendur. Madu juga dapat menghidrasi kulit dengan baik. Inilah salah satu rahasia di balik kulit bercahaya dan awet muda.
Caranya, campurkan madu dan jus lemon segar. Oleskan pada area wajah dan leher. Biarkan hingga kering sendiri, kemudian bilas dengan air hangat-hangat kuku. Lakukan sekali atau dua kali seminggu.

6. Mengatasi Rambut Rontok


manfaat madu_manfaat madu untuk kecantikan

Mereka yang khawatir tentang rambut rontok dapat mencoba madu untuk mencegah kebotakan. Madu memiliki antioksidan serta kuman dan sifat fungisida yang mengurangi kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Madu juga dapat mengontrol ketombe, yang notabene adalah salah satu alasan di balik rambut rontok.
Campurkan 1 sendok makan madu dan jus bawang. Oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat pelan. Tunggu 30 menit, kemudian keramas seperti biasa. Gunakan obat ini dua kali seminggu.

7. Menghaluskan Bibir Pecah-Pecah


manfaat madu_manfaat madu untuk kecantikan

Bibir yang halus dan kenyal pastinya dapat menambah kecantikan Anda. Sementara itu, madu adalah bahan alami yang bagus untuk mencegah atau mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Sifat melembabkan dari madu diketahui dapat membantu mengembalikan kelembaban yang hilang di bibir Anda. Selain itu, madu juga akan mengurangi risiko infeksi dari bibir pecah-pecah.
Untuk merasakan manfaatnya, cukup oleskan madu ke bibir Anda beberapa kali sehari. Selain itu, hindari menjilat bibir karena air liur dapat mengeringkan bibir. Dan, jangan lupa untuk tetap minum banyak cairan agar bibir tidak mengalami dehidrasi.

8. Melembutkan Tangan
Tangan yang kering dan kasar adalah masalah yang sangat umum dialami banyak orang. Namun jangan khawatir, madu dapat mengatasinya. Sebab, madu bersifat humektan yang dapat membantu mengunci dalam kelembaban kulit. Selain itu, madu juga membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah tanda-tanda penuaan yang muncul di tangan Anda.
Oleskan sedikit madu ke seluruh tangan Anda dan tunggu 10-15 menit. Kemudian, bersihkan dengan air atau mandi. Setelah selesai, oleskan pelembab pada tangan Anda. Ulangi setiap hari secara rutin.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa yang dapat diuraikan dalam artikel 8 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya.

0 Response to "8 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut"

Post a Comment