9 Manfaat Menakjubkan Lidah Buaya untuk Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan | Ketika melihat berbagai produk kecantikan alami, Anda pasti akan terkejut setelah mengetahui salah satu bahan yang biasa digunakan dalam beberapa produk. Bahan tersebut adalah lidah buaya. Tanaman ini pasti biasa Anda temukan di kebun rumah.
Lidah buaya sendiri merupakan bahan alami yang memiliki banyak sifat menyembuhkan. Bahkan orang Mesir kuno menyebutnya sebagai "tanaman keabadian." Bahkan saat ini, lidah buaya sudah umum digunakan dalam industri kecantikan.


Gel pada daun lidah buaya memiliki beberapa nutrisi, mineral, dan vitamin yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit dan rambut. Bahan alami ini aman untuk digunakan secara eksternal dan internal.
Nah, berikut ini adalah 9 manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

1. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

manfaat lidah buaya

Tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus, dan kulit kendur akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Namun terkadang, tanda-tanda ini muncul lebih awal. Tapi jangan khawatir, Anda dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan lidah buaya karena kandungan antioksidannya yang tinggi.
Gel lidah buaya sangat ampuh untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Lidah buaya juga merupakan sumber nutrisi seperti, vitamin A, B, C dan E sehingga sangat efektif untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Di samping itu, gel lidah buaya juga mengandung polisakarida yang dapat merangsang regenerasi kulit.
Untuk menjaga agar kulit Anda tetap muda dengan lidah buaya, berikut adalah caranya:
Campurkan 1 sendok teh segar gel lidah buaya. Tambahkan 1 sendok teh bubuk oatmeal dan ½ sendok teh minyak zaitun. Aduk hingga rata. Oleskan campuran ini pada area wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit. Kemudian, gosok perlahan dengan tangan yang sudah dibasahi air. Selanjutnya, bilas wajah dan leher dengan air dingin. Gunakan masker ini seminggu sekali.

2. Menjaga Kelembaban Kulit 
Lidah buaya juga merupakan pelembab alami yang aman untuk Anda gunakan. Bahan alami ini diketahui dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik dan meningkatkan elastisitasnya. Dengan tercukupinya cairan yang dibutuhkan oleh kulit, kulit akan menjadi lebih sehat dan terjaga kelembabannya.
Apalagi, gel lidah buaya dapat dengan mudah menembus ke dalam kulit ketika dioleskan dan juga membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengatasi kulit berminyak.
Untuk merasakan manfaatnya, kupas lapisan luar daun lidah buaya. Kemudian, ambil gel di dalamnya. Oleskan gel pada wajah, leher dan bagian tubuh lainnya. Pijat perlahan agar meresap sempurna. Lakukan setiap hari sebelum tidur.

3. Mengatasi Jerawat

manfaat lidah buaya_mengatasi jerawat

Lidah buaya adalah agen antibakteri alami yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Bahan alami ini juga dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Selain itu, lidah buaya juga bersifat menyembuhkan dan anti-inflamasi yang dapat membantu kulit sembuh dengan cepat dan mengurangi peradangan kulit.
Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya segar pada area kulit yang terkena jerawat. Lakukan beberapa kali sehari. Atau, Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok teh gel lidah buaya dengan ½ sendok teh madu dan jus lemon. Oleskan pada area kulit yang berjerawat. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan dua kali sehari.

4. Mengatasi Sunburns
Karena sifatnya yang menenangkan dan anti-inflamasi, lidah buaya dapat membantu mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat membantu mempertahankan tingkat kelembaban kulit, yang penting untuk penyembuhan kulit yang terbakar matahari.
Untuk menggunakannya, campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan jus lemon. Pijatkan pada kulit yang terbakar sinar matahari dengan gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

5. Menyamarkan Stretch Mark

manfaat lidah buaya_mengatasi stretch mark

Munculnya stretch mark pasti dapat merusak kecantikan kulit Anda. Meskipun sulit untuk dihilangkan, setidaknya Anda masih dapat menyamarkannya. Salah satu bahan alami yang dapat Anda gunakan adalah lidah buaya. Sebab, lidah buaya dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit dan memperbaiki kerusakan kulit.
Cukup campurkan gel lidah buaya dan air mawar. Oleskan pada bagian kulit yang terkena stretch mark dan pijat lembut dalam gerakan melingkar selama beberapa menit. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari.

6. Pembersih Makeup Alami
Anda pasti tahu bahwa pembersih makeup yang banyak dijual di pasaran bisa saja penuh dengan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit Anda. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai pembersih makeup alami tanpa efek samping. Gelnya yang licin dapat dengan mudah mengumpulkan sisa makeup dan membuat kulit Anda bersih kembali. Selain itu, lidah buaya juga akan membuat kulit Anda menjadi lebih bercahaya.
Taruh sesendok gel lidah buaya ke bola kapas. Gosokkan bola kapas di seluruh wajah untuk menghapus makeup Anda. Kemudian, bilas wajah Anda dengan air, keringkan, dan oleskan pelembab.

7. Merangsang Pertumbuhan Rambut

manfaat lidah buaya_menyuburkan rambut

Selain untuk kulit, lidah buaya juga baik untuk kesehatan rambut Anda. Bahan alami ini dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Lidah buaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit kepala Anda yang dapat menyumbat folikel rambut dan memicu munculnya ketombe. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala Anda, sehingga rambut tetap sehat.
Campurkan lidah buaya dan minyak jarak dengan rasio 2:1. Oleskan pada rambut dan pijat lembut. Biarkan semalam. Keesokan harinya, cuci rambut Anda dengan sampo. Lakukan dua kali seminggu.

9. Mencerahkan Bibir Gelap
Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mencerahkan bibir Anda dan membuatnya menjadi lebih lembut dan kenyal. Lidah buaya juga dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit bibir Anda dengan sifatnya yang menenangkan.
Gosokkan gel lidah buaya secara teratur pada bibir Anda untuk mencerahkan dan melembutkannya. Untuk perawatan mingguan, campurkan 1 sendok makan bubuk kasar beras dengan gel lidah buaya untuk membuat pasta. Gosokkan pada bibir Anda dengan lembut selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali.

9. Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

manfaat lidah buaya_kaki pecah-pecah

Kaki pecah-pecah tentu dapat mengganggu keindahan kaki Anda. Tapi jangan khawatir, lidah buaya dapat mengatasinya. Lidah buaya memiliki sifat melembabkan dan sifat antibakteri yang sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering dan tumit pecah-pecah. Selain itu, bahan alami ini juga dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan membantu proses regenerasi sel kulit.
Cukup campurkan 4 sendok makan gel lidah buaya dan ½ cangkir oatmeal dan tepung gram. Aduk hingga menjadi pasta. Gosokkan pasta tersebut ke kaki yang pecah-pecah dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan 1-2 kali seminggu.

Itulah 9 Manfaat Menakjubkan Lidah Buaya untuk Kecantikan yang wajib Anda ketahui. Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa share ya!

0 Response to "9 Manfaat Menakjubkan Lidah Buaya untuk Kecantikan"

Post a Comment